Teknik Pemasangan Kusen Pintu

Teknik Pemasangan Kusen Pintu

Kusen adalah suatu rangka dari balok kayu atau dari bahan lainnya, seperti plastik, UPVC, alumunium yang dihubungkan sedemikian rupa sesuai dengan kaidah suatu konstruksi, fungsi serta selera dari pemilik bangunan. Fungsi utama dari kusen yaitu untuk perletakan daun pintu, jendela, kaca dan tralis, selain fungsi tersebut bentuk dan variasi kusen akan menambah keindahan atau estetika dari bangunan. Jadi jangan salah dalam teknik pemasangan kusen pintu karena bisa menyebabkan kusen menjadi kurang kuat dan kokoh.

Sebelum kita melanjutkan ke teknik pemasangan kusen pintu, baiknya kita juga harus tahu dulu syarat kusen yang siap dipasang. Berikut penjelasan syarat yang perlu dipenuhi sebuah kusen:

Syarat-syarat kusen sebelum dipasang

Kusen yang akan dibawa kelapangan atau tempat dimana kusen tersebut akan dipasang harus memenuhi kriteria suatu kusen yang siap pasang, kriterianya sebagai berikut:

  • Konstruksi kusen harus baik dan rapat.
  • Kusen harus sudah dalam keadaan halus, rata dan siku.
  • Panjang kuping/telinga kusen minimal selebar bahan kusen.
  • Permukaan kusen yang berhubungan langsung dengan dinding/tembok harus sudah di cat dengan meni sebagai bahan pelindung/pengawet sebanyak dua kali.
  • Permukaan kusen yang berhubungan langsung dengan tembok/dinding harus sudah dipasang angkur sebagai alat pengikat/pengokoh antara dinding dengan kusen.
  • Kusen yang akan dipasang sudah di beri pengaku/skor supaya kesikuan kusen terjaga.
  • Sebelum kusen dipasang teliti dan perhatikan type dan jenis kusennya serta bukaan untuk pintu dan jendela harus benar penempatannya dengan melihat gambar kerja.
  • Lebar bawah kusen pintu harus sama dengan bagian atas dan diklem.

Baca Juga: Tips Agar Kusen Tahan Lama

Nah itu, tadi ada 8 kriteria kusen yang sudah siap di pasang. Sekarang kita lanjut ke pembahasan teknik pemasangan kusen pintu yang baik dan benar menurut

5 Teknik / Cara Pemasangan Kusen Pintu

  1. Sebelum pemasangan bata dan kusen pintu, terlebih dahulu dilakukan marking (penanda) terkait dengan ukuran-ukuran dan posisi berdirinya pasangan dinding dan juga kusen. Marking dilakukan di lapangan dalam bentuk profil pada titik- titik tertentu sebagai acuan dalam menarik benang agar pemasangan bata dan kusen tegak lurus dan teratur. Kayu yang dipakai untuk profil biasanya dari kayu kaso/usuk dengan ukuran 5/7 cm. Kayu untuk profil harus diketam lurus dan siku pada kedua sisi yang kedua sisi ini akan digunakan sebagai acuan dalam pemasangan bata dan kusen.
  2. Profil didirikan didekat sudut tembok yang akan dipasangi pasangan bata dan kusen. Pada profil gantungkan unting-unting untuk memeriksa ketegakan profil, periksa propil tersebut bidang yang lurus telah segaris dengan rencana pasangan bata/kusen. Jika sudah tegak dan segaris dengan rencana pemasangan bata dan kusen profil ditancapkan dan diberi skur agar kedudukan profil kuat dan stabil.
  3. Kusen yang akan dipasang harus benar-benar siap dalam pengertian kusen tersebut tidak ada pekerjaan lanjutan selain pekerjaan finishing, kusen harus benar konstruksinya, rapat sambungannya, halus permukaan kayunya dan siku serta diberi skur/kayu pengaku supaya kedudukan dan ukuran kusen. Kusen untuk tempat tinggal terbuat dari kayu atau logam. Kusen kayu memberikan penampilan yang hangat dan indah dari tampilan tekstur serat-serat kayu yang dimilikinya, mempunyai nilai penyekat panas yang baik dan pada umumnya tahan terhadap pengaruh cuaca. Rangka jenis ini dapat berupa produk pabrik yang telah diselesaikan dengan pelapisan cat, pewarnaan atau masih berupa kayu asli tanpa pelapisan.
  4. Kusen dari bahan logam berbeda dari kayu, kusen logam tidak terpengaruh bila basah, kusen logam ini tidak memiliki kehangatan dalam penampilan dan memberikan daya tahan yang kecil terhadap perpindahan panas. Kusen logam dapat terbuat dari alumunium, baja atau baja tak berkarat (stainless-steel), warna alami logam dapat ditutup dengan lapisan cat dan dirawat dengan baik untuk mencegah korosi.
  5. Suatu bangunan atau gedung yang terdiri dari sekat atau tembok, baik tembok luar maupun tembok dalam, perlu diberi lubang untuk memungkinkan orang atau barang keluar masuk bangunan. Lubang ini harus bisa ditutup dan dibuka sesuai dengan fungsi bukaan pada bangunan.

Itulah tadi artikel mengenai pemasangan kusen pintu, hal ini juga sama bisa di terapakan dalam pemasangan kusen jendela. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memasang kusen pada bangunan atau rumah Anda. Jika Anda belum memiliki kusen kayu, kami siap membantu Anda dalam pembuatan kusen, daun pintu dan daun jendela sesuai dengan keinginan Anda. Kami menyediakan berbagai pilihan kayu yang bisa Anda pilih. Mulai dari kayu jati, kayu merbau, kayu kamper, kayu mahoni, kayu meranti dan masih banyak lagi. Silahkan hubungi kami dibawah ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp us